Headlines News :
Home » , , , , » Republic Grafika | Cara Membuat Katalog Dengan Photoshop

Republic Grafika | Cara Membuat Katalog Dengan Photoshop

Written By Republic Grafika on Minggu, 02 September 2018 | 11.39



Cara  membuat katalog dengan photoshop mudah dan cepat - katalog biasanya digunakan untuk memperkenalkan beragam jenis produk di dalam sebuah kertas atau selebaran. Katalog bisa menjadi alat bantu bagi anda yang memiliki profesi sebagai sales yang menjual produk-produk tertentu. Sebuah katalog biasanya berisi kumpulan gambar-gambar produk beserta deskripsi singkat dari produk tersebut. Oleh sebab itu, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara membuat katalog gambar produk secara otomatis melalui fitur yang ada di dalam software adobe photoshop.

Cara  Membuat Katalog dengan Photoshop Mudah dan Cepat
Source: Google Images
Ada beragam cara yang bisa anda lakukan untuk membuat catalog dengan photoshop. Tutorial photoshop yang akan saya berikan disini adalah cara cepat dan mudah yang bisa anda ikuti untuk membuat catalog berisi kumpulan gambar karena hanya memanfaatkan fitur otomatis yang disediakan oleh software photoshop. Mungkin lain kali saya akan memberikan artikel yang membahas tentang langkah-langkah membuat catalog secara manual menggunakan adobe photoshop dengan teknik-teknik tertentu. Tapi untuk saat ini mari kita ikuti dulu cara yang paling sederhana berikut ini:

Cara membuat catalog gambar produk dengan photoshop

Langkah Pertama

Siapkan foto yang akan anda buat katalog, kemudian satukan di dalam sebuah folder. Disarankan untuk memberikan nama dan deskripsi pada setiap foto agar tiap-tiap gambar pada hasil akhir akan memiliki deskripsi yang baik.

Langkah Kedua

Untuk membuat katalog secara otomatis, kita bisa memanfaatkan menu Contact Sheet II pada photoshop. Untuk mengaksesnya silahkan anda menuju opsi File>automate>Contact Sheet II.

Langkah Ketiga

Ketika jendela contact sheet II muncul, maka isilah tiap-tiap menu dengan mengikuti aturan di bawah ini:
Pertama, untuk menu source image, klik tombol browse kemudian pilih folder gambar yang telah anda sediakan sebelumnya. Itulah yang nantinya akan disusun secara otomatis menjadi katalog oleh photoshop.
Kedua, pada menu document, aturlah angka-angkanya sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk kolom units anda bisa memilih Cm (centimeter). Kolom Width bisa anda isi untuk ukuran lebar document sedangkan Height untuk ukuran tinggi document. Pada kolom resolusi sebaiknya anda atur pada angka 300px/inch agar gambar tidak pecah saat dicetak dalam ukuran besar. Bila anda ingin menggabungkan seluruh layer, centang saja kolom flatten all layers.
Ketiga, pada Menu Thumbnails, atur setiap kolom sesuai dengan aturan berikut:
Palce: Across first
Use Auto spacing: centang kolom ini apabila anda ingin membuat spasi secara otomatis, namun bila anda ingin mengatur jarak antar foto secara manual hilangkan tanda centang.
Columns: 3 (ini untuk mengatur jumlah kolom gambar)
Rows: 5 (ini untuk mengatur jumlah baris gambar)
Jangan lupa untuk menentang Rotate For Best Fit dan Use Filename As Caption
Font: Arial (anda bisa memilih jenis font sesuai selera)
Font-size: 12pt (anda bisa mengatur ukuran huruf sesuai dengan kebutuhan desain anda)
Setelah mengatur setiap opsi seperti yang telah dijelaskan di atas, maka kurang lebih hasilnya adalah seperti ini:
Cara  Membuat Katalog dengan Photoshop Mudah dan Cepat
Source: Google Images

Langkah Keempat

Setelah semua pengaturan dirasa cukup dan sesuai, maka tinggal klik tombol OK dan photoshop akan memproses gambar-gambar tersebut menjadi katalog secara otomatis.
Itulah langkah-langkah sederhana yang bisa anda ikuti sebagai  Cara  membuat katalog dengan photoshop mudah dan cepat. Perlu diingat bahwa proses ini dilakukan secara otomatis sehingga hasilnya pun akan tampak biasa saja dan sederhana. Namun anda tetap bisa melakukan modifikasi pada hasil katalog tersebut sesuai kreatifitas anda, misalnya anda bisa menambahkan gambar-gambar lainnya atau mengeditnya kembali lalu menambahkan ornamen pemanis atau mengubah warna latar dari katalog tersebut. semua bergantung pada kreatifitas dari diri anda masing-masing.
Share this article :

0 komentar:


REPUBLIC GRAFIKA - Kizoa Online Movie Maker
Untuk Informasi lebih Detail Kunjungi Website Kita : KLIK DISINI ::: ***%%%%%%%%
KATALOG REPUBLIC GRAFIKA %%%%%%%%*** :::KLIK DISINI

Office

Informasi HARGA TERBARU call :
3 Tri. 089518333000
Indosat. 085707777043
Tlkmsel. 081216017773
Whatsapp : 081216017773
Pin BB : D632BA2D
Discount khusus bagi Reseller.
-----------------------------------------------------
Permintaan Penawaran :
• klik FORM ORDER
-----------------------------------------------------
Gallery Republic Grafika :
• klik GALLERY KAMI
-----------------------------------------------------

Office / Alamat Percetakan :
Jl. Sepat lidah kulon. Surabaya
60213, Jawa Timur - Indonesia
Telp. : 081216017773
Email : republicgrafika@ymail.com
Site : www.repugraf.blogspot.com

Workshop / Alamat Percetakan :
Jl. Simo Pomahan No. 34, Surabaya
Jawa Timur - Indonesia
Telkomsel. : 081216017773
Indosat. : 08570777043
Email : republicgrafika@ymail.com
Site : www.repugraf.blogspot.com

Produk Cetak : brosur, flyer, leaflet, cutting sticker, label, stiker, undangan, invitation, pamflet, poster, kalender, map, buku, majalah, buletin, katalog, tabloid, company profile, booklet, paper bag, packaging, dus kue, dus makanan, dus nasi, kemasan, kotak kue, kotak nasi, hang tag, kartu nama, memo, invoice, surat jalan, kop surat, faktur, nota, id card, pin, spanduk, banner, kaos, atribut caleg pilkada, bendera,kotak kemasan,Map,Paper Bag,sticker label,katalog.dll
Cetak Murah Cepat Berkualitas Profesional

INDONESIA NETWORK

*Melayani Seluruh Wilayah Indonesia : SUMATERA, Nanggro Aceh Darussalam, Banda Aceh, Sumatera Utara, Medan, Sumatera Barat, Padang, Riau, Pekan Baru , Kepulauan Riau, Tanjung Pinang , Jambi, Jambi ,Sumatera Selatan, Palembang , Bangka Belitung, Pangkal Pinang ,Bengkulu, Bengkulu, Lampung, Bandar Lampung PULAU JAWA , DKI Jakarta, Jakarta, Jawa Barat, Bandung, Banten, Serang, Jawa Tengah, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Surabaya,kenjeran,rungkut,HR.muhammad,perak,surabaya barat, PULAU NUSA TENGGARA DAN BALI, Bali, Denpasar, Nusa Tenggara Barat, Mataram, Nusa Tenggara Timur,Kupang, PULAU KALIMANTAN, Kalimantan Barat, Pontianak, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Kalimantan Timur, Samarinda, PULAU SULAWESI, Sulawesi Utara, Manado, Sulawesi Barat, Kota Mamuju, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Kendari, Sulawesi Selatan, Makassar, Gorontalo, Gorontalo, KEPULAUAN MALUKU DAN PAPUA, Maluku, Ambon, Maluku Utara, Ternate, Papua Barat, Kota Manokwari, Papua, Jayapura

DESIGN

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Percetakan Murah Surabaya|Republic Grafika - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger